Masjid Al-Mufidah Siyono Kidul

fredy 14 Januari 2020 13:38:45 WIB

Masjid Al-Mufidah Siyono Kidul pertama kali didirikan pada sekitar tahun 1987 berukuran 10 x 10 meter di atas tanah seluas 307 m. Beralamatkan di Jl Manthous km 0.7 RT 41 RW 8  Siyono Kidul.

Bangunan utama masjid masih sama seperti yang dulu, dapat terlihat dari bentuk kusen jendela dan lubang ventilasi yang khas model bangunan lama. Untuk sholat Jum'at masjid Al-Mufidah dapat menampung sekitar 150 Jamaah. Untuk saat ini bangunan tembok masih utuh, tidak terlihat adanya retakan.

Senin 13 Januari 2020, tim redaksi berkunjung ke Masjid Al-Mufidah Siyono Kidul. Kami bertemu dan berbincang-bincang dengan H. Surahman, S.Pd.I ketua Badan Musyawarah Takmir Masjid (Bamustamas) mengenai sejarah dan kegiatan masjid. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya :

  1. Kajian Al-Qur'an, diadakan tiap malam Rabu sehabis sholat Isya. Diampu oleh Ustadz Sudaryanto dari Playen dengan peserta 25 orang bertempat di Masjid Al-Mufidah.
  2. Pengajian Malam Jum'at, diadakan bergilir di rumah warga atau di Masjid. Ustadz yang mengisi pengajian berasal dari luar wilayah dan berganti-ganti. Warga yang hadir biasanya berkisar antara 150 sampai 200 orang.
  3. Pengajian malam Ahad, diadakan sehabis sholat Isya. Diampu oleh H. Solihin dari Ponpes Ar-Ruhamaa Playen membahas materi Fiqih dengan jamaah yang hadir kisaran 50 orang.
  4. TPA anak, diadakan tiap Selasa, Kamis dan Sabtu di gedung TK ABA Siyono 5 dengan siswanya sekitar 30 anak.
  5. Program Makan dan snack Jumat. Sehabis sholat Jum'at Masjid Al-Mufidah menyediakan makan gratis bagi jamaahnya. Untuk snack berasal dari sumbangan Gerakan Nikmatnya Sodaqoh (GNS). Kegiatan ini telah mulai berjalan selama 1 tahun yang lalu.

Masjid juga dilengkapi buku bacaan, serta toilet dan tempat wudlu untuk putra dan putri. Selain itu tempat parkir halaman cukup luas dan letaknya di pinggir jalan besar menjadikan jamaah sholatnya juga berasal dari kalangan umum luar padukuhan.

Pada tahun 2016 dilakukan pemasangan atap untuk teras hingga menutupi sampai pagar, sedangkan pada Idul Fitri 2019 kemarin dilakukan pengecatan bangunan secara menyeluruh.

Komentar atas Masjid Al-Mufidah Siyono Kidul

redaksi 20 Januari 2020 14:49:33 WIB
Terimakasih kak Nur atas sarannya, karena terkendala narasumber yang belum mempunyai data yang lengkap, sehingga kami menuliskan sejarah singkat masjid. jika memang ada sumber sejarah lengkap maka dapat mengirimkan tulisan tersebut ke redaksi berita kami, akan kami muat dalam artikel beserta sumber beritanya. Salam Logandeng Nyawiji
laa Nur 18 Januari 2020 15:53:36 WIB
mantappp lanjutkan team redaksinya.. tapi tolong Sejarah berdirinya masjid kok kurang jelas yaa...

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Logandeng

tampilkan dalam peta lebih besar