Mushola Baiturrahman Glidag

fredy 18 Desember 2019 09:44:29 WIB

Di dusun Glidag terdapat satu kesatuan takmir, berpusat di masjid Nurul Falah dengan takmir H. Subandi, yang juga menjadi pengurus 2 Mushola yaitu Mushola Baiturrahman dan Mushola Al-Hidayah.

Selasa 17 Desember 2019, tim redaksi mengunjungi Musholla Baiturrahman untuk mengetahui kegiatan takmir dan riyawat pembangunan Mushola Baiturrahman. Sehabis asar kami bertemu Ustadz Junendra.

Musholla Baiturrahman didirikan pada sekitar tahun 2010 diatas tanah wakaf H. Suparjo dengan bangunan seluas 9 x 7 meter. Pendiriannya berasal dari swadaya masyarakat dengan jamaah berasal dari RT 52, 53 dan sebagian RT 51 dan 49.

Untuk kegiatan yang ada diantaranya :

  1. TPA Anak, diadakan setiap Sabtu dan Ahad sehabis asar sampai pukul 17.00 WIB. Diampu Ikatan Remaja Masjid Nurul Falah (Iremanufa) Catur dan Istiyani dan remaja masjid lain. Total siswa TPA bekisar 50 anak, tempat TPA berpindah-pindah antara Masjid dan Mushola.
  2. Pengajian malam 25, diadakan tiap satu bulan sekali, tempat bergilir antar RT. Jumlah yang hadir sekitar 100 orang, dengan menghadirkan penceramah dari luar.
  3. Pengajian Ahad Paing pagi, diadakan juga tiap satu bulan sekali. Diadakan setelah sholat Subuh sampai pukul 06.00 WIB bertempat di Mushola Al Hidayah. Jamaah yang hadir sekitar 150, jamaah yang duduk sampai memenuhi teras luar Mushola.
  4. Tadarus Qur'an malam Jum'at, bertempat di rumah warga secara bergilir. Diampu oleh Ustadz Purwadi dengan jamaah sekitar 30 orang.
  5. Tadarus harian ba'da Maghrib, diikuti oleh ibu-ibu sekitar 10 orang rutin sehabis sholat Maghrib.

Ustadz Junendra juga menyebutkan adanya agenda rutin tahunan, yaitu Pondok Akhir Tahun TPA Nurul Falah. Kegiatan ini bertujuan agar generasi muda Glidag tidak terpengaruh uforia tahun baru yang kadang dilakukan secara berlebihan.

Untuk itu pada tanggal 30 Desember 2019 sampai 1 januari besok full diadakan kegiatan di Masjid. Rencananya Pondok Akhir Tahun ini akan megundang Jack Sparrow pengisi acara Mirip Sulap di ADITV. Kegiatan ini telah dilaksanakan tiap tahun selama lebih dari 15 tahun.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Logandeng

tampilkan dalam peta lebih besar