Masjid Baitul Muthohirin Pager

fredy 04 Desember 2019 13:32:27 WIB

Masjid Baitul Muthohirin merupakan salah satu masjid yang telah lama didirikan.

Menurut keterangan takmir masjid Gunadi,  dulunya masyarakat masih menyebut masjid dengan sebutan “Langgar”. Kala itu jamaah masjid berasal dari sekitar wilayah Pager dan Bandung, “Dulu masih belum banyak masjid”.

Ukuran awal bangunan adalah sekitar 6 x 10 meter, dengan jamaah sholat Jum’at mencapai 60 orang. Pada saat ini majid Baitul Muthohirin telah direhab dan berukuran 14 x 14 meter dengan jumlah jamaah sholat Jum’at dapat mencapai 150-an orang.

Pada halaman masjid juga terdapat bangunan TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Pager, tempat bermain anak, serta kamar kecil di pojok utara.

Untuk kegiatan TPA anak-anak diadakan rutin pada hari Minggu, Selasa dan Jumat, dengan ustadz dan ustadzah dari pemuda Pager.

Sedangkan kegiatan baca Al-Qur’an untuk orang tua diadakan pada malam Senin sehabis sholat Isya.

Selain itu terdapat kegiatan pengajian rutin pada malam Rabu sehabis sholat Maghrib dengan penceramah bapak Agus Eko Wahyono, S.Pd.I dari Pondok Pesantren Al I'tisham. Dan pada Sabtu pagi setelah sholat Shubuh diisi penceramah dari ponpes Mardhotullah yaitu ustadz Abdul Rohim.

Perbaikan terakhir pada bulan Oktober kemarin yaitu menambal cor dak atap masjid, sedangkan saat ini 4 tiang dalam masjid akan diganti lapisannya dengan kayu. Dikarenakan lapisan keramik yang lama satu-persatu ada yang mulai jatuh, dikhawatirkan jatuhnya kepingan tersebt akan mencederai jamaah sehingga saat ini semua ornamen keramik di tiang dilepas.

Komentar atas Masjid Baitul Muthohirin Pager

Mas Igun 30 Desember 2019 08:44:22 WIB
Kegiatan Remaja Islam Masjid perlu ditingkatkan...

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Logandeng

tampilkan dalam peta lebih besar