AMM Desa Logandeng, Mengupas Pemuda Baper (Bawa Perubahan)

fredy 20 Oktober 2019 17:15:38 WIB

ANGKATAN MUDA MUHAMMADIYAH DESA LOGANDENG MENGAJI, MENGUPAS PEMUDA BAPER “BAWA PERUBAHAN” DI MASJID AL-HIKMAH SIYONO KIDUL.
Di tulis oleh : Aviq Nur Rohman

Acara pengajian rutin Angkatan Muda Muhammadiyah Desa Logandeng pada kesempatan ini dilaksanakan di Masjid Al-Hikmah Siyono Kidul pada hari Ahad, 20 Oktober 2019 dengan mengangkat tema Pemuda Baper “Bawa Perubahan”.

Acara tersebut di isi oleh Ustadz Junendra dan dihadiri dari Pengurus & Anggota Angkatan Muda Muhammdiyah yang terhimpun dari remaja masjid se-Desa Logandeng serta Pengurus Karang Taruna Manunggal.


Kata baper “bawa perasaan” muncul sekitar tahun 2016 dikalangan milenial dan dalam kesempatan ini kami merubah menjadi kata yang positif yakni “bawa perubahan”. Mengangkat tema “Pemuda Baper” harapannya pemuda-pemudi dapat menjadi Agent Of Change untuk diri sendiri, lingkungan, bahkan negara.


Dalam perjalanan sejarah dunia, telah tertorehkan peran pemuda dalam hal perubahan. Tak terkecuali dalam sejarah bangsa Indonesia, pemuda menorehkan dengan berdirinya organisasi pemuda dimasa penjajahan dan tercetusnya Sumpah Pemuda 1928, hingga peran pemuda dalam membantu memproklamirkan kemerdekaan.


Pemuda masa kini adalah representasi bangsa Indonesia di masa depan, para pemuda memang belum banyak pengalaman tetapi di pundak mereka dan ditangan mereka para pemuda berani menawarkan masa depan.

Saat ini Indonesia sedang menikmati bonus demografi, pada tahun 2019 berdasarkan survey penduduk antar sensus (Supas), jumlah penduduk Indonesia mencapai 266,91 juta jiwa dimana penduduk yang produktif tergolong banyak lebih dari 68% dari total populasi. Sedangkan di Desa Logandeng berdasarkan survey penduduk tahun 2017, jumlah pemudanya mencapai 1.693 jiwa. Hal ini menjadi keuntungan jika kita mampu mengelolanya dengan baik tetapi jika tidak dikelola dengan tepat juga dapat menjadikan sebuah ancaman.


Banyaknya jumlah pemuda dan dikenal sebagai agen yang dapat membawa perubahan menjadi hal yang melatar belakangi diangkatnya tema tersebut. Dijelaskan dalam kajian tersebut bahwa menjadi pemuda baper “bawa perubahan” dapat dimulai dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, pemuda baper tidak hanya merubah diri secara fisik, tetapi berubah untuk memperbaiki akhlak kemudian melakukan perubahan dapat bergaul dengan lingkungan yang baik dan dapat mencontoh orang-orang yang mengajak dalam kebaikan.


Kita dapat menemukan potensi diri kita, senantiasa untuk melakukan perubahan dan dimanfaatkan untuk beribadah kepada Allah SWT. Kita telah diingatkan dengan semangat dakwah pantang menyerah seperti tauladan kita Nabi Muhammad SAW dan tentang dakwah Nabi Nuh AS yang berdakwah sampai 500 tahun, itupun beliau masih sedikit yang mengikutinya, berbeda dengan masa kini bahwa umat Islam di Indonesia menjadi paling banyak di dunia dan dapat menjadi salah satu faktor untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik di bidang keagamaan. Perlu kita pahami dan sadari bahwa umat Islam adalah umat yang terbaik, lihat di QS. Al-Imran :110. Dalam melakukan perubahan kita harus saling kuat-menguatkan dan berkolaborasi antar-sesama.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Logandeng

tampilkan dalam peta lebih besar