Pentingnya perbaikan Gizi Anak Pada 1000 hari pertama

widodo 27 September 2019 08:48:42 WIB

Playen  27 September 2019, Pentingnya program penanganan Gizi anak “Stunting “pada anak 1000 hari pertama kelahiran.

Yang di maksud Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Secara fisik anak stunting memiliki tinggi badan di bawah standar pertumbuhan anak normal seusianya.Penyebab stunting dapat dikelompokan dalam dua kelompok :

1.      Kurang Gizi

          > Tidak mampu menyediakan bahan makanan

          > Pola konsumsi yang salah

          > Pola asuh yang salah

2.      Penyakit

         > Air minum tidak aman konsumsi

         > Sanitasi tidak layak

         > Tidak mendapat layanan kesehatan secara memadai

Akibat dari stunting  jangka pendek :gangguan perkembangan otak,gangguan pertumbuhan fisik, gangguan motorik pada bayi. Sedangkan akibat jangka panjang adalah : Tingkat kecerdasan rendah,prestasi belajar tidak baik,prestasi kerja tidak baik ( produktivitas rendah ), kalah bersaing dalam mencari kerja, cenderung gemuk di usia tua sehingga menderita penyakit degeneratif (hipertensi,jantung,diabetes dll ).       

Dampak jangka panjang  adalah kerugian negara karena generasi penerus mengalami kondisi yang tidak sehat dan tidak produktif.

Penanganan stunting telah menjadi agenda nasional  ,dimana semua pihak baik pemerintah daerah, pemerintah desa dan lembaga  diminta untuk terlibat dalam pencegahan dan penanganan stunting dengan konvergensi pengelolaan kegiatan ,program dan layanan dari mulai anak di dalam kandungan sampai usia 1000 hari pertama.

Dalam hal ini kecamatan playen mengadakan pelatihan untuk kegiatan tersebut, dengan mengundang kader dari semua desa se kecamatan Playen yaitu Kader Pembangunan Manusia ( KPM )  yang mewakili tiap tiap Desa.Pelaksanaan pelatihan stunting pada hari Kamis, tanggal 27 September 2019 bertempat Aula kecamatan Playen ,bertindak sebagai nara sumber :Bp. Sumardi ,S.Sos dari Dinas pemberdayaan perempuan Kabupaten Gunungkidul dan Bp. Dono susanto  dari bidang kesahatan ibu dan anak Kabupaten Gunungkidul .Peserta : Kader Pembangunan Manusia ( KPM ) dari desa se kecamatan PlayenProgram Pelaksaan penanganan stunting wilayah desa masing masing se kecamatan playen rencana akan laksanakan pada tahun 2020.

            Desa mempunyai peran penting dalam konvergensi pencegahan stunting, yang perlu didukung dengan partisipati masyarakat desa sebagaimana semangat UU Desa dalam mewujudkan kedaulatan desa  yang di topang oleh kemandirian dan kuatnya prakarsa dan partisipasi desa melalui perencaan penganggaran berbasis pelayanan sosial dasar yang berkwalitas di desa.Kelompok sasaran pada 1000 hari pertama kelahiran menjadi prioritas utama dalam pencegahan dan penanganan stunting ,kelompok prioritas ini perlu di pastikan dapat mengakses 5 ( lima ) layanan penanganan stunting , yaitu :

1.      Kesehatan Ibu dan Anak ( KIA)

2.      Konseling Gizi terpadu

3.      Sanitasi dan Air Bersih

4.      Jaminal keshatan

5.      Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD)

Tugas kader pembangunan kemanusian adalah melapor pada pemerintah desa membicarakan masalah stunting , mengawal supaya kegiatan tersebut masuk dalam RKPDes di tahun 2020 , setelah masuk ,mengawal untuk masuk anggaran desa (APBDes), selain itu bersama dengan lembaga Rumah Desa Sehat ( RDS) unsur yang terkait adalah : Unsur Desa Siaga , Himpunan Paud, Ikatan Guru TK Indonesia,( IGTKI) , Kader Pembangunan Manusia ( KPM), Tenaga kesehatan , Tokoh masyarakat.

Kunci pokok sasaran stunting adalah :

1.      Ibu Hamil

2.      Anak umur 0 sampai dengan 2 tahun

3.      Anak umur 2 sampai dengan  6 tahun

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Logandeng

tampilkan dalam peta lebih besar