Pembangunan Gorong-Gorong RT 57 Atasi Banjir

fredy 19 Oktober 2020 13:44:05 WIB

Minggu 11 Oktober 2020, Masyarakat RT 57 bersama Tokoh Masyarakat, kelompok tani Siyono Wetan, Siyono Tengah dan Siyono Kidul membangun Gorong-gorong di area Jalan Usaha Tani (JUT) Siyono Wetan RT 57.

Berdasarkan keterangan dari salah satu warga Widodo area RT 57 ini mendapatkan kiriman air dari Timur yaitu bunderan Siyono serta dari Selatan jalan, sehingga setiap kali ada hujan lebat dapat mengakibatkan genangan di lingkungan RT 57.

Genangan ini paling terasa bagi 3 rumah yang tanahnya sedikit lebih rendah, sedangkan area ladang utara pemukiman debit airnya dapat mencapai 60 cm kala hujan lebat. Parit yang dulu ada mengarah ke utara hingga tembus ke sungai.

"Sudah ada parit namun terdapat bagian yang menyempit sehingga aliran air berhenti di dekat rumah"

Adanya proyek perumahan baru di wilayah RT 57 memberikan titik cerah bagi lingkungan sekitar. Pihak pengembang mengerahkan Backhoe loader untuk mengeruk parit yang menyempit tersebut dengan ijin dari Kalurahan serta warga pemilik lahan.

Sebagian besar tanah sepanjang jalan air ini merupakan Tanah Kas Desa (TKD) sehingga lebih mudah dalam koordinasi pengerukan tanah.

Selain itu pihak perumahan memberikan bantuan gorong-gorong sejumlah 7 buah. Sedangkan warga masyarakat serta Kelompok Tani dari 3 Padukuhan secara swadaya mengadakan tambahan 1 buah gorong-gorong serta pasir dan semen.

Galian gorong-gorong dibuat sedalam 120 cm sedangkan lebarnya 100 cm. 15 orang warga secara aktif membangun gorong-gorong ini.

Pemasangan gorong-gorong ini dibagi menjadi 2 titik yaitu 4 gorong-gorong dipasang di JUT sebelah selatan yang dibangun warga sejak pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Sedangkan sebelah utaranya mulai dari pukul 14.00 sampai 17.00 WIB.

Sampai bulan Oktober ini telah beberapa kali turun hujan di wilayah Logandeng, sedikit terasa bahwa dengan adanya galian parit ini telah mengurangi genangan air di lingkungan RT 57.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Logandeng

tampilkan dalam peta lebih besar