Panen Raya Kacang Ijo, Kuatkan Imun Tubuh

fredy 27 Juni 2020 08:30:10 WIB

Selasa 23 Juni 2020, Gapoktan Sido Makmur Kalurahan Logandeng mengadakan acara Panen Raya Kacang Hijau, bertemakan Sebutir Benih Untuk Konsumsi Negeri.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir Bambang Wisnu Broto, Perwakilan Kapanewon Playen dan Kalurahan Logandeng, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Logandeng, Pendamping BPP Playen serta anggota Gapoktan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Ir Bambang Wisnu Broto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa selain dari nilai jualnya, kacang hijau juga dapat memperkuat imunitas tubuh setelah dikonsumsi, terutama saat ada ancaman virus Covid seperti sekarang ini.

Pukul 1 siang secara simbolis panen Kacang Hijau dilakukan di Padukuhan Glidag dekat Masjid Nurul Falah. Kegiatan kemudian dilanjutkan di balai Padukuhan Glidag.

Ketua Gapoktan Sido Makmur Lasiyo melaporkan kegiatan yang dilakukan salah satunya adalah pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA). Pola tanam yang digunakan adalah Padi Padi Polowijo, Padi Polowijo Sayuran, Padi Sayuran Sayuran.

Pada tahun ini Gapoktan mendapatkan Pengembangan Kacang Hijau Varietas VIMA 3 seluas 5 HA dengan benih yang diterima sebanyak 125 kg, dan pupuk Hayati 15 Liter dengan hasil 1.61 ton/Ha, beradaptasi luas, masak serempak, tahan terhadap penyakit tular tanah/layu, umur tanaman sekitar 60 hst dan sesuai untuk kecambah.

Pada kesempatan ini melaporkan kegiatan pengembangan kedelai yang mendapatkan kegiatan tiga kelompok tani dengan luas seluruhnya 25 HA, Herbisida 3 liter/Ha. Namun karena saat penanaman benih curah hujan tinggi, sehingga banyak benih yang tidak tumbuh dan hanya sekitar 1/3 bagian yang tumbuh yaitu  1.3 ton/Ha.

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Logandeng

tampilkan dalam peta lebih besar